Is Our Life

Monday, May 29, 2006

HIBURAN BAGI ORANG SAKIT DAN TERKENA MUSIBAH ( COBAAN)


 HIBURAN BAGI ORANG SAKIT DAN TERKENA MUSIBAH ( COBAAN)


 Kita tahu bahwa berbagai macam penyakit dan musibah itu merupakan bagian dari cobaan-cobaan Allah yang diberikan kepada hamba-Nya. Bahwasannya cobaan merupakan Sunnatullah yang telah ditetapkan berdasarkan rahmat dan hikmah-Nya. Ketahuilah wahai saudaraku yang sedang  terkena musibah sesungguhnya Allah tidak menetapkan sesuatu, baik itu takdir kauni atau syar'i, melainkan di dalamnya terkandung hikmah yang amat besar yang tidak mungkin bisa dinalar oleh akal manusia.
 
  Ibnul Qayyim berkata:   "   Andaikata kita bisa menggali hikmah Allah yang terkandung dalam ciptaan dan urusan-Nya, maka tidak kurang dari ribuan hikmah. Namun akal kita sangat terbatas,pengetahuan kita terlalu sedikit dan ilmu semua makhluk akan sia-sia jika dibandingkan dengan ilmu Allah, sebagaimana sinar lampu yang sia-sia dibawah sinar matahari. Dan inipun hanya kira-kira, yang sebenarnya tentu lebih dari sekedar gambaran ini   "  .

   
  Allah menciptakan makhluknya untuk memberikan cobaan dan ujian, lalu menuntut konsekuensi kesenangan, yaitu bersyukur dan konsekuensi kesusahan , yaitu sabar. Hal ini tidak bisa terjadi kecuali jika Allah membalikkan berbagai keadaan manusia, sehingga peribadahan manusia kepada Allah menjadi jelas.
 
  Jika seseorang benar- benar beriman, maka segala urusannya merupakan kebaikan. Jika ia mendapatkan kesenagan, maka ia bersyukur dan ketika susah, ia bersabar.
 
  Rasulullah saw bersabda:   "   Sungguh menakjubkan urusan orang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya  "  .
 
  Banyak sekali dalil-dalil yang menunjukkan bahwa musibah, penderitaan dan penyakit merupakan hal yang lazim bagi manusia, dan semua itu pasti menimpa mereka , untuk mewujudkan peribadahan kepada Allah.
 
  Allah SWT berfirman:   "   Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira   kepada orang-orang yang sabar ( yaitu ) orang - orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan 'Innaa Lillahi wa innaa ilaihi raaji'un'. Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka, dan mereka itulah orang- orang yang mendapat petunjuk  "  . ( QS. Al Baqarah(2):155-157)
 
  Al Hafizh Ibnu Katsir berkata, ketika menafsirkan surat Al Baqarah(2):214:   "   Cobaan itu berupa penyakit, penderitaan, kesengsaraan, musibah dan bencana  "  
 

Alangkah baiknya bila sekarang kita mendoakan saudara saudara kita  di
 yogya  dan jawa tengah yang menerima musibah mudah mudahan diberikan suatu ketabahan dan kekuatan utnuk menjalani cobaan ini . dan kita yang tidak terkenana musibah lakukan lah sesuai dengan kemampuan anda, untuk membantu mereka .
1 . lakukan dengan tangan anda
2 . lakuakan dengan mulut anda .
3. lakuakan dengan hati anda dengan mendoakan mereka.
 





Talk is cheap. Use Yahoo! Messenger to make PC-to-Phone calls. Great rates starting at 1¢/min.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home